Rabu, 23 Mei 2012

Gemastik 2012, ITB host

  • Gemastik

  • Gemastik atau Pagelaran Mahasiswa Nasional bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi Tahun 2012, merupakan program Direktorat Penilitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (DP2M) DIKTI, sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas peserta didik sehingga mampu mengambil peran sebagai agen perubahan dalam memajukan TIK dan pemanfaatannya di Indonesia.

    Gemastik adalah pergelaran berbagai kegiatan mahasiswa tingkat sarjana dan diploma dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia dalam bidang TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi).

  • PEMILIK KEGIATAN

  • Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
    Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi
    Kementrian Pendidikan Nasional Republik Indonesia

  • PENYELENGGARA KEGIATAN

  • Perguruan Tinggi Penyelenggaran Kegiatan Gemastik :
    • Tahun 2010 - 2011 di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya
    • Tahun 2012 di Institut Teknologi Bandung (ITB), Bandung

  • LATAR BELAKANG

  • Adapun latar belakang yang mendasari perlunya diselenggarakan suatu wadah kompetisi dalam bidang TIK, khususnya bagi kalangan mahasiswa Indonesia di tingkat nasional, yaitu:
    • TIK di kalangan mahasiswa sangat pesat perkembangannya
    • Belum ada wadah yang cukup kompetitif dan terpadu semacam PIMNAS
    • Adanya gap yang cukup lebar mengenai ketersediaan dan kesiapan SDM bangsa Indonesia di bidang SDM TIK
    • TIK memiliki potensi sebagai enabler di semua segi kehidupan dan berdampak luas bagi masyarakat
    • Sebagai bagian kompetisi berjenjang menuju kompetisi TIK berskala internasional
    • Merupakan wadah yang bisa merangkul kegiatan/event sejenis yang diselenggarakan oleh banyak pihak

  • TUJUAN

  • Gemastik secara umum bertujuan menjembatani hasil riset dan informasi mengenai perkembangan TIK antara pihak akademisi, industri dan pemerintah, yaitu khususnya :
    • Meningkatkan hubungan/interaksi di lingkungan dunia akademisi juga dunia akademisi dengan industri dalam pengembangan TIK
    • Mendorong peningkatan kegiatan riset TIK di kalangan mahasiswa perguruan tinggi dan menerapkan TIK di lingkungan masyarakat Indonesia
    • Meningkatkan kreativitas dan kepekaan mahasiswa dalam pengembangan TIK
    • Penyebarluasan informasi dan penguasaan TIK di lingkungan PT ke segenap kalangan masyarakat Indonesia
    • Ikut meningkatkan jumlah HAKI di Indonesia
    • Membudayakan iklim kompetitif di lingkungan Perguruan Tinggi
    • Mendorong interaksi antara PT dengan memanfaatkan teknologi TIK
    • Mengetahui kebutuhan dan kompetensi Sumber Daya Manusia dalam bidang TIK serta trend teknologi ke depan

  • HASIL YANG DIHARAPKAN

  • Manfaat yang diharapkan dari penyelenggaraan Gemastik ini adalah sebagai berikut :
    • Dihasilkannya karya inovatif ilmiah mahasiswa bidang TIK yang dapat diterapkan langsung untuk kepentingan dan kesejahteraan masyarakat
    • Didapatkannya temuan-temuan baru dalam bidang TIK yang diteliti oleh kalangan mahasiswa sebagai hasil penalaran dan keilmuan, baik yang diperoleh secara terstruktur melalui pendekatan kuliah formal maupun secara otodidak
    • Dihasilkannya karya tulis sebagai sumbangan dan masukan baik kepada kalangan kampus sendiri maupun masyarakat umum di luar kampus
    • Tersebarkannya informasi dan perkembangan TIK di Indonesia pada khususnya dan di seluruh dunia pada umumnya
    • Meningkatnya kesadaran masyarakat Indonesia akan manfaat penggunaan TIK
    • Terbangunnya komunikasi yang baik antar ahli di sub bidang TIK sehingga terjadi saling menghargai pada sub bidang yang lain
    • Meningkatkan peran serta dunia usaha, industri, dan masyarakat luas dalam peningkatan kualitas dan produktivitas karya ilmiah ekstra kurikuler mahasiswa


    Adik kelas(PBSB) saya ^.^

    Sebentar Lagi kompetisinya akan dimulai, so don't miss it guys.. ^_^
    Gemastik 2012

    Dokumentasi gemastik tahun sebelumnya :
    Gemastik 2011

27 komentar:

  1. Kamu mahasiswa TIK rif? Apa mahasiswa ITB? Atau mahasiswa TIK yg kuliah di ITB?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ndak, aku mahasiswa elektro, kul di ITS. surabaya

      Hapus
    2. berarti kamu ga ikutan?

      nanti kalau kompetisinya udah mulai, 'dilaporin' lagi yaa ke sini :)

      Hapus
    3. aku ikut mbak :) doakan aja bisa menang ya @.2

      Hapus
    4. habis menang nanti makan-makan yah :D

      Hapus
    5. ooo kamu ikutan, iya mudah-mudahan menang yaa, Aamiin

      Hapus
    6. Aamiin semoga menang :D

      Hapus
    7. Kompetisinya dimuai tanggal berapa??

      Hapus
  2. ijin nyimak infonya sobat

    BalasHapus
  3. wah..kayaknya kegiatannya bermanfaat tuh.. hehe :)

    BalasHapus
  4. Semoga menang sob.
    Nanti, hasil kegiatannya dilaporkan dimari yah.
    :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. tentu enha ^.^ tak laporin dokumentasinya dah, hehe

      Hapus
  5. Wah! Ente ngeluarin apaan dari cabang elektro-nya? Anti ledak sukhoi apa detektor spam? Moga menang ya, Gus! ;-)

    BalasHapus
  6. Ga mudeng mas, mana syarat2 lombanya,,,?? >_<

    BalasHapus
    Balasan
    1. nih syarat untuk lkti tahun kemarin

      http://www.gemastik.its.ac.id/article/home/lomba_karya_tulis_bidang_tik

      Hapus
  7. wah mas arif ikutan jadi panitianya ta??
    tu yang juara angkatan tahun berapa mas??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku pernah jadi panitia pas yang tahun 2010.

      angkatan 08,

      Hapus
  8. Saya nggak tahu ini. Kejauhan pula kalau dari tempatku, kayaknya. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ^. oh gitu toh mas, kirain.. :p, siapa tau minat dan tertarik.

      Hapus
  9. ayo mas Arif., sampeyan pasti bisa..
    :-)

    kalau sudah menang jangan lupa oleh-oleh dan traktirannya..
    :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo team up lagi ma aku mr febrian bahari :D

      Hapus
  10. Dulu jaman kuliah saya belum ada Gamastik...deuuhh, berasa kuliah jaman baheula...

    BalasHapus
    Balasan
    1. gemastik emang baru mbak,2012 baru yang ke 5 ini.

      Hapus
    2. Kompetisinya dimulai tanggal berapa mas Arif,,????

      Hapus

have a question, just spill it :D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...