Jumat, 27 Mei 2016

WAHAI PRIA, SANGGUPKAH KAU

WAHAI PRIA, SANGGUPKAH KAU ? (Sebuah Kisah)
Seorang pria beristeri tanpa sengaja berkenalan dengan seorang gadis dinsebuah kantin kompleks perkantoran, karena ada urusan pekerjaan merekapun tukeran PIN BB.
Malam harinya si gadis mulai BBM
si pria :
Gadis : Mas hebat ya. Punya usaha sendiri, sukses pula
Pria : Terima kasih ya:)
Esoknya si gadis menelpon sekedar say hallo.
Gadis : Kapan ya mas, kita makan bareng lagi?
Pria : Oke kapan aja boleh
Setelah itu mereka masih sering berhubungan melalui BBM dan
telepon, sesekali juga janjian pergi makan siang bareng.
Hari-hari berlalu, tiada hari tanpa kontak antara mereka. Sampai suatu hari, si gadis BBM, isinya adalah :
"Mas... Sebenarnya aku mencintaimu , aku tau kamu udah punya keluarga, tapi aku mau menerima kondisi sebagai isteri ke-2, aku siap mas dan maaf aku mengganggu perasaanmu.
Dengan berat hati pria itu menjawab : "Dik, aku mengerti dan paham maksudmu... tapi dengan berat hati aku harus jawab TIDAK! Aku tau kamu memang cantik, dan aku yakin semua lelaki pasti mengatakan tubuh dan parasmu elok dan cantik.
Tapi, tahukah kamu kenapa aku bisa tampil baik dan hingga usahaku sukses? Itu semua karena dorongan dan semangat isteriku.
Sungguh sangat berdosa kalau aku harus berselingkuh dengan
seseorang yang hanya mengagumiku, karena tau kalau aku sekarang udah sukses.
Kamu menyukai aku tidak ikhlas, kamu hanya melihat tampilanku
semata. Padahal ada seseorang yang tersayang di rumah yang telah bersusah payah mendorong aku agar selalu tampil sebaik mungkin, dia adalah isteriku tercinta.
Kalau kamu menyukai aku, artinya kamu tinggal memetik hasilnya, dan cara ini tidak pernah abadi.
Taukah kamu bahwa aku memulai ini dari nol dan isteriku
yang selalu mendampingiku di kala susah, terpuruk dan sukses seperti ini.
Taukah kamu bahwa isteriku yang selalu mendoakan kesuksesanku hingga aku bisa menjadi seperti ini. Kamu memang cantik, tapi hati isteriku lebih cantik.

Kamis, 12 Mei 2016

Kegunaan ldd dan ln -s

ldd (List Dynamic Dependencies) is a *nix utility that prints the shared libraries required by each program or shared library specified on the command line.[1] It was developed byRoland McGrath and Ulrich Drepper.[2] ldd is a shell script that executes the program given as argument, and shouldn't be used with untrusted binaries. If some shared library is missing for any program, that program won't come up.

ldd (Daftar Dinamis Dependensi) adalah utilitas *nix yang memberitahukan shared library yang dibutuhkan oleh masing-masing program atau shared library yang ditentukan pada baris perintah. [1] Hal ini dikembangkan oleh Roland McGrath dan Ulrich Drepper. [2] ldd adalah script shell yang mengeksekusi program yang diberikan sebagai argumen, dan seharusnya tidak digunakan dengan binari yang tidak dipercaya. Jika ada beberapa shared library yang hilang untuk salah satu program, maka program yang tidak akan jalan.


contoh :
 user@home ~/ $ ldd /usr/bin/mp3blaster
         linux-vdso.so.1 =>  (0x00007fff8fdff000)
         libsidplay.so.1 => /usr/lib/libsidplay.so.1 (0x00007f4ea98ec000)
         libvorbisfile.so.3 => /usr/lib/libvorbisfile.so.3 (0x00007f4ea96e4000)
         libvorbis.so.0 => /usr/lib/libvorbis.so.0 (0x00007f4ea94b6000)
         libncurses.so.5 => /lib/libncurses.so.5 (0x00007f4ea9273000)
         libpthread.so.0 => /lib/libpthread.so.0 (0x00007f4ea9056000)
         libstdc++.so.6 => /usr/lib/libstdc++.so.6 (0x00007f4ea8d41000)
         libm.so.6 => /lib/libm.so.6 (0x00007f4ea8abe000)
         libgcc_s.so.1 => /lib/libgcc_s.so.1 (0x00007f4ea88a7000)
         libc.so.6 => /lib/libc.so.6 (0x00007f4ea8523000)
         libogg.so.0 => /usr/lib/libogg.so.0 (0x00007f4ea831c000)
         libdl.so.2 => /lib/libdl.so.2 (0x00007f4ea8118000)
         /lib64/ld-linux-x86-64.so.2 (0x00007f4ea9b59000)


ln is A symbolic link, also termed a soft link, is a special kind of file that points to another file, much like a shortcut in Windows or a Macintosh alias. Unlike a hard link, a symbolic link does not contain the data in the target file. It simply points to another entry somewhere in the file system. This difference gives symbolic links certain qualities that hard links do not have, such as the ability to link to directories, or to files on remote computers networked through NFS. Also, when you delete a target file, symbolic links to that file become unusable, whereas hard links preserve the contents of the file.
To create a symbolic link in Unix, at the Unix prompt, enter:
  ln -s source_file myfile

contoh kegunaan ldd
error while loading shared libraries libluajit.so.2... maka untuk ngecek linker nya sudah bener,
cek dengan ldd /binary/snort misalkan,
maka akan terlihat libraries terletak pada posisi mana,
contoh output ldd = /usr/lib/x86_64-gnu-linux

setelah itu link kan
ln -s libluajit.so.2 
/usr/lib/x86_64-gnu-linux.

test running kembali... sukses deh
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...