Minggu, 20 Oktober 2013

Berkunjung ke PUSAT TIK NASIONAL #Part I

Alhamdulillah seminggu yang lalu ditawari dosen untuk ikut pelatihan gratis di pustiknas,
so langsung tanpa panjang lebar,, ikutttttttttttttttttttttt......
acara pelatihan sertifikasi sekuriti jaringan (sscp) ini diadakan 5 hari 21-25 oktober 2013
dengar2 sih pelatihan ini hanya diikuti oleh beberapa kampus yang beruntung, ui, itb, ugm, its dan beberapa orang yang ditunjuk kominfo.
well this is what i do after coming to that place... (h-1)























Jumat, 11 Oktober 2013

install sun-java7 (UPDATE JAVA 7U40 ORACLE) di debian linux

#Download tarball sun java (jdk) di websitenya oracle..

#install java-package
apt-get install java-package

 
make-jpkg jdk-7u2-linux-x64.tar.gz

dpkg -i oracle-j2sdk1.7_1.7.0+update2_amd64.deb
 
sudo update-alternatives --auto java
 
update-alternatives --display java
 
sudo update-alternatives --config java  

#TINGGAL PILIH JAVA YANG INGIN DIGUNAKAN

sudo update-java-alternatives -l
 
sudo update-java-alternatives --jre -s j2sdk1.7-oracle 


#OK JAVA SUDAH TERUPDATE

https://wiki.debian.org/JavaPackage

Jumat, 27 September 2013

Compile OpenCV based c/c++ from VIM without exiting editor

map  :call CompileRunGcc()
func! CompileRunGcc()
  exec "w"
  exec "!g++ `pkg-config opencv --cflags --libs` % -o %<"
  exec "! ./%<"
endfunc 
 http://www.linuxquestions.org/questions/programming-9/gcc-from-within-vim-481820/ 

Rabu, 20 Februari 2013

Gendu-gendu Merantau di Asrama kampus

Gendu itu menurutku semacam rasa. Perasaan yang menyangkut suka dan duka, jatuh dan bangun, mudah dan sulit dsb.
Merantau... baru merasakan perantauan saat masa-masa kuliah.
Disini aku mendapat banyak hal baru, pengalaman baru, dan sesuatu yang baru juga seperti rumah baru(asrama -red).

Hari Pertama di asrama, masih ada penghuni lama angkatan 2005, yang sudah 2 tahun lebih dulu menghuni kamar itu, aku masuk kampus tahun 2007, sekamar 4 orang, ukuran sekitar 8x6 meter. dengan 4 kamar tidur, 2 kamar 2 susun. Ternyata saya sekamar dengan orang-orang hebat di jurusannya, mas angga, mas yogi dan mas pardi. mereka adalah kahima(ketua himpunan mahasiswa) di masing-masing jurusan, mas angga kahima teknik sistem perkapalan dan mas yogi kahima teknik kelautan, mereka bertiga seterusnya lulus 3.5 tahun dan mendapat ipk cumlaude. namun ada berita duka kemarin, ternyata mas angga meninggal bulan maret 2012. Innalillah... semoga dimudahkan segalanya diakhirat. amin..
kamar tidurnya susun seperti itu, cuma ruanganya beda

Baru hari ketiga di asrama aku sudah kangen keluargaku dirumah, teringat ibu tercinta, dan seperti biasa, senior saya sebelum tidur mesti menyalakan lagu album opick yang pertama. membuat semakin kangen rumah. Seminggu pertama berkenalan dengan teman-teman asrama lainnya, menarik sekali, banyak hal yang tidak dalam pemikiranku sebelumnya, orang-orang dari luar pulau jawa tidak mengerti bahasa jawa yang ku gunakan, sempat bingung juga namun akhirnya otakku konek, "mereka berasal dari luar pulau wajar saja", akhirnya kubiasakan deh pakai bahasa indonesia, hehe..

Aku mulai masuk asrama bulan juni, saat bulan agustus mas-mas penghuni lama tidak memperpanjang kontrak tempat tinggal di asramanya sehingga aku pun mendapat 3 teman baru yang sekamar. mereka semuanya mahasiswa baru, salah satunya masih satu jurusan denganku di teknik elektro. Ternyata tinggal dengan 3 teman baru yang masih maba itu beda banget dengan sama mas-masnya, barang-barang serba berantakan, dan salah satu dari mereka ada yang merokok membuatku tak betah tinggal di asrama. Aku pun minta pindah kamar dan dibolehkan oleh pengelolanya.

oh ya, malam pertama tinggal di asrama gak bisa tidur karena banyak nyamuk, mas-masnya pun sempat bercanda juga, disini nyamuknya juga "engineer" lho rif, kebal sama obat nyamuk, katanya sambil tertawa.
bahkan selimut yang kubawa dari rumah pun tak sanggup melindungi dari serangan nyamuk, suara kepak sayapnya aja bikin merinding... haha.. maklum ITS disebut juga kampus mewah, mepet sawah. masih banyak genangan air dan kolam dimana-mana(2007).
sekitarnya emang sawah(dilihat dari jalan raya, a.r. hakim keputih)

Di Asrama Aku baru mengerti keanekaraman yang ada di indonesia, termasuk agama, aku pertama kali berkenalan dengan orang non muslim disini, juga beragam macam orang muslim, mulai dari yang tidak bisa membaca qur'an, sampai golongan orang-orang yang mencoba menegakkan khilafah, bermacam-macam organisasi, HMI, PMII, KAMMI, HTI dan LDII dan sejenisnya.

ya, di perantauan kita akan dihadapkan dengan berbagai macam karakter seseorang... tinggal bagaimana kita menyikapi dan mendapatkan feed back atas sikap kita tadi.

Artikel ini diikutkan dalam Giveaway Gendu-gendu Rasa Perantau

Sabtu, 09 Februari 2013

Cara Anak Muda Membahagiakan Ibu

Di suatu sudut kampus yang sebentar lagi akan diadakan acara yudisium wisudawan, nampak beberapa orang bergerombol menurut jurusannya masing-masing,
ya, mereka adalah para calon wisudawan yang sebentar lagi akan diwisuda oleh sang rektor.
Cak Sugi (S), yang sebentar lagi akan diwisuda bersama teman-teman sekampusnya mulai nyeletuk
S: "Ya Allah, berilah ibuku menantu yg cantik. Sesungguhnya aku ingin membahagiakan ibu" "

Temen cewek(C) disampingnya pun langsung nyahut (dengan nada serius) 
C1 : "Cantik dari segi ??" 
S: Cantik dr sgala segi mbak. Segi tiga, segi empat, segi lima, atau persegi juga boleh. :D "
C1 : "
Emang perempuan punya segi lima yaaa ???"
S :  Lah situ kan yg perempuan, kok malah tanya aku?
Cewek pertama pun terdiam

C2 : Itu mah yg pengen dpt yg cantik tu dirimu Gi bkn ibumu
S : Lho saya meneruskan permintaan dr ibu. Itu pesan orang tua lho. Kalo sya mah apa kata ibu, asal sama2 menguntungkan. hehehe...

C3 membantu C2
C3 : Masalahnya gi........ Perempuan cantik mw ga sm km...?? Hahaaa
S :  Ga mau sama aku gpp, yg pnting kan mau jd menantu ibuku. hehe...

C4 ikutan
C4 : Wah Gi ternyata mamah belum punya menantu cantik yaa
S :  Lha ini, mbak C4 adalah menantu ibuku yg cantik
C4 : !@#$%%^ , langsung jaga jarak.

Bambang, teman cak Sugi, yang dengar dari awal celetuk sugi pun ikutan,
B : ya udah, nanti pasang pengumuman lewat spanduk aja biar banyak yg daftar..:D
S : Usul bagus, ntar tulisannya gini "Yg merasa cantik silahkan daftar ke ibu saya, yg nggak cantik ndaftar ke tetangga sebelah" hehehe...
B : hahaha.... walaupun udah ibu2 pokoknya cantik boleh daftar... hehehe termasuk ibu kost..
S : Hanya untuk fresh graduate jeh. Ada manajemen trainee dulu soalnya XD

#Dikutip dari percakapan status teman yang mau diwisuda/ setting ulang tempat dan suasana.

Kamis, 07 Februari 2013

Narsisis Artistik.. Wow....

Hemmm.. Narsisis Artistik, pertama kali mendengar langsung merasa perlu bilang WOW gitu...
Mungkin maksudnya foto-foto narsis yang mengandung nilai artistik gitu kali ya... Keren dung berarti..
sebagai seorang narsisis meskipun gak terlalu maniak perlu ikut giveaway ini,
ok. langsung deh pasang-pasang foto @.@

lihat halaman kampus dari tempat paling tinggi di kampus
dikerjain temen makan nasgor jancuk surabaya, keringatnya bikin artistik gak ne >_<,
Saat liburan berlagak jadi penjaga danau kampus, suasananya cukup mendukung

Finally, Foto Pose mau berubah jadi baja hitam...

yaps... itu dari foto-fotoku yang menurutku narsisis artistik.. Terima kasih sebelumnya kepada una yang mengadain GA dengan tema menarik, dan akhirnya foto-foto narsisusku bisa terupload juga dengan mengikuti giveaway ini :D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...