Kamis, 05 April 2012

Karakter Pelajar kita...(maybe me too)

Mendekati ujian unas yang dilakukan serentak secara nasional bulan April ini. Ada beberapa pertemuan diselenggarakan oleh beberapa pakar matematika dan sains dengan murid-murid SMA se-kabupaten... sebut saja kabupaten Gresik.

Pertemuan itu juga dihadiri para guru pembimbing dan pakar-pakar bimbingan lbb. Setelah rangkaian perbincangan dan peragaan peristiwa-peristiwa sains selesai, para siswa diberi kesempatan bertanya. salah seorang siswi mengacungkan tangannya, dia adalah yenny, cewek cantik dan terpandai dikelasku. Dia mengajukan pertanyaan mengapa saat kita minum teh, sedotan yang ditutup ujungnya sambil diangkat airnya tidak tumpah. seorang lagi bertanya apakah diruang angkasa kipas dapat menyejukkan penghuninya(astronot,red).

Pimpinan pertemuan mempersilahkan seorang relawan dari kalangan guru fisika dan pembimbing lbb untuk menjawab kedua pertanyaan itu. Selama beberapa menit ruangan menjadi sunyi senyap. Kemudian terdengar gelak  para siswa karena ternyata tidak ada seorang guru pun yang dapat menjawab kedua pertanyaan sederhana tetapi ganas tersebut. Apa kiranya yang akan kita lakukan selaku ayah atau ibu kalau anak kita seperti yen, yang suka mengajukan pertanyaan dirumah?
Tentu saja kita mungkin juga mengalami suasana terjepit seperti yang dialami para guru dan ahli bimbingan lbb tersebut. Cara menjawabnya tidak mudah apabila kita biasanya terlatih menjawab soal yang sudah disediakan jawabannya lima buah (a,b,c,d,e). Tinggal memilih satu saja jawaban terbaik dari lima yang tersedia.

Misalnya saja ada pertanyaan berapa akar x^2 + 2x +1 = 0, maka dari lima jawaban yang tersedia tinggal kita pilih jawaban yang tepat, yaitu yang kalau diisikan ke peubah x akan membuat persamaan kuadrat tersebut menjadi nol. Jawabannya adalah x=-1 karena (-1)^2 + (-1).2 +1 =0. Akibatnya siswa SMA dapat saja lulus ujian saringan masuk ke perguruan tinggi karena telah tepat memilih jawaban yang benar. Ia lakukan hal itu tanpa harus berpikir kembali secara mendasar, yaitu mengingat kembali rumus akar kuadrat {(-b +_ ((b^2 - 4ac)^0.5))/2a}

Berpikir kembali secara mendasar adalah cara menyelesaikan masalah paling tepat, untuk masalah kedua yang harus dilakukan adalah mengingat kembali apa sebenarnya angin itu. Dari wikipedia dijelaskan bahwa angin itu adalah suatu massa udara yang bergerak  dari tempat bertekanan udara tinggi ke tempat udara bertekanan rendah. Kalau ada udara dikipasi, maka tekanan udara yang kena kipas akan menjadi lebih tinggi dan bergeraklah udara dari tempat itu kearah tekanan yang disebabkan oleh kipas. Kalau itu dilakukan diluar angkasa yang hampa udara, apa yang mau pindah kalau udaranya tidak ada. Jadi anginnya pun tidak ada.  Kalau aku mendapat pertanyaan dari si yen, yang harus kulakukan adalah mengingat kembali masa-masa indah berkenalan dengan yen, eitss salah.. yang harus kulakukan adalah mengingat kembali prinsip dasar tekanan dan hukum newton. Benda tetap diam  jika gaya-gaya pada benda itu setimbang. Tangan yang menutup sedotan mengurangi tekanan udara didalam sedotan, karena tekanan udara dalam sedotan ditambah berat air sama dengan gaya tekan udara dari luar maka air tidak jatuh. Semua ini adalah jawaban yang menggunakan deduksi atas dasar pengetahuan yang sudah dianggap benar dan digunakan sebagai dasar penalaran.

So,,??? mari bercermin pada diri kita sendiri kawan-kawan, inilah salah satu bentuk kesalahan di sistem pendidikan kita, ujian snmptn dan unas jika input-input mahasiswa yang bisa kuliah dikampus kebanyakan dari hasil lbb lbb yang mementingkan "kelulusan" tanpa disertai dasar dari pengetahuan itu sendiri, bahkan dikampus saya sendiri juga ada beberapa teman saya yang menjual "skripsi", huft.. =.="

sumber :
1. Republika , 26 sep 1999
2. Yohanes Surya, Fisika itu Asyik
3. Me, "have fun with this @_@"

17 komentar:

  1. yah begitulah...guru senang mengkatrol nilai sang murid walau si murid ga paham


    *iya kamu dapat reply kalau kamu centang opsi "email follow up to emailkamu@gmail.com/Kirim email komentar tindak lanjut ke emailkamu@gmail.com" saat berkomentar

    **silahkan dites di blog yg pakai sistem komentar pop up atau halaman penuh kayak kamu ini

    ***ga bisa dicoba diblogku krn aku pakai embedded below post

    BalasHapus
  2. hmmm ...
    cinta juga begitu
    cinta tidak sekedar terdiri dari 5 pilihan (a,b,c,d, atau e)

    BalasHapus
  3. ^r10, ok, wanna testing now
    ^iska, <<sengaja tak panggil iska saiki yo, @.@, hemm.. "cinta", makanan apa itu =.=

    ^java, bisa jadi, mbak dulu gimana :D

    BalasHapus
  4. memang banyak pelajar kayak gitu...setidaknya masih ada pelajar yang terpelajar untuk menentukan maa depan bangsa

    BalasHapus
  5. saya gak ikutan ya, sudah gk jd pelajar lg sih hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi sebelumnya kan pelajar juga :)

      Hapus
  6. selamat pagi, kunjungan balik.. mau komen apa yaa.. duh bingung, komen ga yaa... eeee... ga tau ah, cuma mau absen hehe

    BalasHapus
  7. hm... bener juga yaaa.... jaman sekarang ini soal ujian pasti disediakan kebanyakan beropsi ganda gitu deh, a, b, c, d, e... wah..... jadi siswa tinggal nebak-nebak deh kalo ga tau pasti jawabannya....

    btw, kunjungan perdana dan salam kenal ya...

    BalasHapus
  8. ^salam kenal mbak nf dan alaika

    BalasHapus
  9. betul :( memprihainkan sihh.... tapi nyatanya mmng sampai skrg msih tetap bgtu -_-

    BalasHapus
  10. ^echie, punya solusi??
    salam kenal y :D

    BalasHapus
  11. jadi kesimpulannya, soal pilihan ganda harus di ubah menjadi essay. hehehehe :D

    nice post uy. keep sharing :D

    BalasHapus
  12. ya mau gimana dong? siswa juga kan pengennya lulus..

    pinter2 tenaga pengajar lah biar siswanya tertarik untuk belajar. kalau mereka belajar karena tertarik, besar kemungkinan mereka akan lebih paham dibandingkan bila mereka belajar karena mengejar nilai.

    BalasHapus
  13. i love ur post, keep share^^
    mampir balik ke website kami yaa...
    berbagi pada sesama dengan mengunjungi http://hapeduli.hajarabis.com/

    BalasHapus

have a question, just spill it :D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...