Minggu, 12 April 2015

Pembiasan : Mempengaruhi Kualitas Koneksi Sinyal

Semoga Bermanfaat


[SHARE] dari Adi suhadi (grup fb : mikrotik indonesia)
Apakah kita pernah dengar kata BIAS / PEMBIASAN ?
iya betul, artinya pemantulan atau pembelokan
Nah adakah hubungan pembiasan dengan Signal dan Frekuensi ?
Jawaban-nya : Ada
Mungkin di artikel orang tidak pernah membahas masalah ini, tapi saya akan membahas masalah PEMBIASAN ini sesuai dengan pengalaman yang sering saya alami...
Perlu kita ketahui bahwa di Negeri Tercinta kita Indonesia ini Kelembaban udaranya sangat tinggi, karena terbagi menjadi beberapa pulau. Faktor kelembaban udara ini yang sering membuat kita tidak sadar bahwa akan mempengaruhi di dunia Nirkabel / Wireless.
Untuk anda pemakai Wireless, Pernahkah anda mengalami kelambatan dalam browsing bahkan mati (DC) pas waktu hujan atau bahkan setelah hujan ? apakah yang anda pikirkan waktu koneksi sedang lambat / DC di waktu hujan atau setelah hujan? Apakah anda langsung menyalahkan pihak ISP (Penyedia Internet) ?
Ingat, salah satu penyebab lambat / DC suatu koneksi selain interfrensi adalah PEMBIASAN / PEMBELOKAN dari kelembaban udara, air hujan yang turun dari langit menyebabkan PEMBIASAN / PEMBELOKAN yang sangat tinggi, maka dari itu signal pun akan terjadi PEMBIASAN / PEMBELOKAN sesuai volume air hujan yang turun.
Apakah kita sudah memahami mengapa bila hujan turun, jaringan Wireless kita sering bermasalah?
Semua karena ada PEMBIASAN (menurut pengalaman saya dilapangan)
Pertanyaan :
• Khusus anda yang berada di daerah pantai atau daerah yang berjarak kurang lebih 5Km dari laut, Pernahkah anda mengkoneksikan 2 buah alat wireless dengan jarak yang tidak terlalu jauh, tidak ada penghalang apapun dan hasil yang kurang Maksimal ?
Mungkin kita langsung beranggapan bahwa alat kita yang kurang bagus dan langsung menggantinya dengan yang baru.
Solusi Saya (Berdasarkan Pengalaman):
• Laut adalah faktor utama penyebab terjadinya kelembaban udara yang sangat tinggi, maka dari itu apabila kita melakukan pengkoneksian perangkat Wireless di daerah yang tak jauh dari laut tak jarang anda berbolak-balik dari titik 1 ke titik yang lain karena hasil kurang bagus bahkan tidak terdetek di sisi AP, salah satu penyebab terbesar mengapa hasil pengkoneksian kurang maksimal adalah BIAS / PEMBIASAN / PEMBELOKAN signal dari kelembaban udara di sekitar laut.
Yang biasa saya lakukan apabila terjadi PEMBIASAN / PEMBELOKAN pada signal karena area yang saya kerjakan tidak jauh dari laut adalah
1. Mengarahkan kedua perangkat Wireless saya mengarah serong keatas 135’ (derajat)
2. Mengganti adaptor 24V 1A Menjadi 24V 2A
Gambar dibawah adalah real Point To Point Tim saya untuk jaringan Pemkab Bekasi,
Berawal pointing lurus horizontal dan mendapatkan hasil yang kurang Maksimal,
Setelah mengetahui bahwa Tim saya sedang mengalami kendala PEMBIASAN maka saya berinisiatif untuk mengganti Adaptor 24V 1A menjadi 24V 2A dan hasilnya lumayan agak bagus, tapi saya masih kurang puas dengan hasil yang sekarang, dan saya teringat laut adalah faktor penyebab PEMBIASAN karena kelembaban-nya akhirnya saya meng-instruksikan Tim saya untuk menggeser Antenna Grid sedikit keatas kira-kira 135’ (derajat)…. Dan Tarrraaaaa…
Hasilnya sungguh memuaskan bagi saya untuk area yang kelembaban-nya tinggi…

1 komentar:

  1. Oh begitu. Iya banget gak ada yang ngebahas beginian. Makasih mas udah ngasih tau

    BalasHapus

have a question, just spill it :D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...