Rabu, 20 Februari 2013

Gendu-gendu Merantau di Asrama kampus

Gendu itu menurutku semacam rasa. Perasaan yang menyangkut suka dan duka, jatuh dan bangun, mudah dan sulit dsb.
Merantau... baru merasakan perantauan saat masa-masa kuliah.
Disini aku mendapat banyak hal baru, pengalaman baru, dan sesuatu yang baru juga seperti rumah baru(asrama -red).

Hari Pertama di asrama, masih ada penghuni lama angkatan 2005, yang sudah 2 tahun lebih dulu menghuni kamar itu, aku masuk kampus tahun 2007, sekamar 4 orang, ukuran sekitar 8x6 meter. dengan 4 kamar tidur, 2 kamar 2 susun. Ternyata saya sekamar dengan orang-orang hebat di jurusannya, mas angga, mas yogi dan mas pardi. mereka adalah kahima(ketua himpunan mahasiswa) di masing-masing jurusan, mas angga kahima teknik sistem perkapalan dan mas yogi kahima teknik kelautan, mereka bertiga seterusnya lulus 3.5 tahun dan mendapat ipk cumlaude. namun ada berita duka kemarin, ternyata mas angga meninggal bulan maret 2012. Innalillah... semoga dimudahkan segalanya diakhirat. amin..
kamar tidurnya susun seperti itu, cuma ruanganya beda

Baru hari ketiga di asrama aku sudah kangen keluargaku dirumah, teringat ibu tercinta, dan seperti biasa, senior saya sebelum tidur mesti menyalakan lagu album opick yang pertama. membuat semakin kangen rumah. Seminggu pertama berkenalan dengan teman-teman asrama lainnya, menarik sekali, banyak hal yang tidak dalam pemikiranku sebelumnya, orang-orang dari luar pulau jawa tidak mengerti bahasa jawa yang ku gunakan, sempat bingung juga namun akhirnya otakku konek, "mereka berasal dari luar pulau wajar saja", akhirnya kubiasakan deh pakai bahasa indonesia, hehe..

Aku mulai masuk asrama bulan juni, saat bulan agustus mas-mas penghuni lama tidak memperpanjang kontrak tempat tinggal di asramanya sehingga aku pun mendapat 3 teman baru yang sekamar. mereka semuanya mahasiswa baru, salah satunya masih satu jurusan denganku di teknik elektro. Ternyata tinggal dengan 3 teman baru yang masih maba itu beda banget dengan sama mas-masnya, barang-barang serba berantakan, dan salah satu dari mereka ada yang merokok membuatku tak betah tinggal di asrama. Aku pun minta pindah kamar dan dibolehkan oleh pengelolanya.

oh ya, malam pertama tinggal di asrama gak bisa tidur karena banyak nyamuk, mas-masnya pun sempat bercanda juga, disini nyamuknya juga "engineer" lho rif, kebal sama obat nyamuk, katanya sambil tertawa.
bahkan selimut yang kubawa dari rumah pun tak sanggup melindungi dari serangan nyamuk, suara kepak sayapnya aja bikin merinding... haha.. maklum ITS disebut juga kampus mewah, mepet sawah. masih banyak genangan air dan kolam dimana-mana(2007).
sekitarnya emang sawah(dilihat dari jalan raya, a.r. hakim keputih)

Di Asrama Aku baru mengerti keanekaraman yang ada di indonesia, termasuk agama, aku pertama kali berkenalan dengan orang non muslim disini, juga beragam macam orang muslim, mulai dari yang tidak bisa membaca qur'an, sampai golongan orang-orang yang mencoba menegakkan khilafah, bermacam-macam organisasi, HMI, PMII, KAMMI, HTI dan LDII dan sejenisnya.

ya, di perantauan kita akan dihadapkan dengan berbagai macam karakter seseorang... tinggal bagaimana kita menyikapi dan mendapatkan feed back atas sikap kita tadi.

Artikel ini diikutkan dalam Giveaway Gendu-gendu Rasa Perantau

16 komentar:

  1. aku belum pernah merantau :D
    tapi pernah merasakan 1 bulan jauh dari rumah :P
    rasanya ga enak banget

    BalasHapus
  2. wooo, salah satu penghuni asrama Mahasiswa ya?

    selamat mnikmat yaa..seru tuh tnggal di asrama kan?

    BalasHapus
  3. wohoooo paragraf terakhirnya asik banget.. orang2 yang mencoba menegakkan khilafah =))

    ceritain dong riiiif temen2nya yang dari berbagai golongan itu *rikwes* :)

    BalasHapus
  4. paragraf terakhirnya ngena banget :D
    trims udah berbagi pengalaman

    BalasHapus
  5. aku masih belum bisa bayangin gimana rasanya jauh dari ibu...dan pasti rasanya gak enak banget :(
    semangat yah mas untuk menjalankan semuanya ;)

    BalasHapus
  6. Waahh., GA-nya Niar ya... Tadinya mau ikutan tapi belum sempet. Oce juga kampusnya, MeWah, Mepet Sawah.. Malah keren tau, bisa sekalian wisata alam plus beragam jenis hewani. Salah satunya di nyamuk yang imut itu (^0^)/

    BalasHapus
  7. aku belum pernah tinggal di asrama. dan gak minat :D

    maap ya telat berkunjungnya. ceritanya lagi sibuk :D

    BalasHapus
  8. meninggal di usia muda? kenapa? kecelakaan atau sakit?

    BalasHapus
  9. Very good post. I will be dealing with a few of these issues as well.
    .

    Feel free to surf to my blog post - half price sky returning customers

    BalasHapus
  10. Aku juga pernah merantau tapi gak lama baru 2 hari udah mau pulang sedih rasanya harus jauh dari orangtua

    BalasHapus
  11. I know this if off topic but I'm looking into starting my own blog and was wondering what all is needed to get setup? I'm assuming having a
    blog like yours would cost a pretty penny? I'm not very web savvy so I'm not 100% certain.
    Any suggestions or advice would be greatly appreciated.

    Thank you

    My web site - free cccam account

    BalasHapus
  12. kunjungan bayi nih gan. maklum newbie baru 22 hari umurnya.
    mohon bantuan dan tips tips menariknya. sukses selalu ya gan

    BalasHapus
  13. wow., gimana sih rasanya tinggal di asrama?? :)

    BalasHapus
  14. benar ga sih asrama itu tempat nya di kekang gtu?

    BalasHapus
  15. saya belum pernah merasakan tinggal di asrama

    BalasHapus

have a question, just spill it :D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...