Sabtu, 28 Juli 2012

Peranan Teknologi Untuk Indonesia Lebih Baik

Teknologi, dapat didefinisikan sebagai suatu entitas, benda berwujud maupun tak berwujud yang diciptakan oleh manusia untuk mencapai suatu nilai tertentu yang diinginkan.
Di era globalisasi sekarang ini, teknologi berperan sangat penting, terutama teknologi digital sebagai perwujudan untuk memudahkan manusia dalam berbagai hal. Dengan menguasai teknologi, kita bisa ikut bersaing dalam persaingan global.
Manfaat dari teknologi itu sendiri sudah banyak dirasakan oleh masyarakat, contohnya saja telepon genggam, handy talkie, laptop, komputer, tablet pc dan lain sebagainya. Hanya tinggal dari sisi pemakainya saja untuk bisa memaksimalkan kemampuan teknologi tersebut.

Teknologi digital mengubah metode pembelajaran lama yang sumber informasinya terpusat dari satu sumber(guru/dosen) menjadi beberapa sumber, sehingga pembelajaran tidak terkesan garing dan monoton, tetapi menjadi menarik dan menyenangkan, melibatkan siswa untuk aktif di kelas. Kemampuan teknologi digital dalam menyampaikan pesan dinilai sangat besar, karena kesan menarik dan interaktif yang ditimbulkan memudahkan penyampaian materi pelajaran kepada peserta didik untuk diserap dan dipahami. Teknologi digital bukan saja dapat membantu guru dalam mengajar, melainkan sudah dapat bersifat standalone(berdiri sendiri) dalam memfasilitasi proses belajar mengajar. seperti halnya kuliah melalui teleconference dengan memutar video atau berbasis e-learning.
Contoh :
Pembelajaran kimia interaktif dengan menggunakan augmented reality yang sudah pernah diworkshopkan ke beberapa sma di jawa timur.
dari gambar terlihat bahwa siswa bisa dengan mudah mempelajari ikatan ion atau kovalen, karena akan tampak jelas bagaimana ikatan itu bisa terjadi, ketika oksigen + karbon maka akan menghasilkan CO2 sehingga muncul asap. Pelajaran akan menjadi menarik, tidak membosankan dan siswa tidak berangan-angan tentang reaksi yang terjadi.
bagi yang penasaran, bisa lihat video testing nya di sini

Teknologi digital juga telah membuat cerita dan dongeng rakyat yang sarat akan makna menjadi interaktif. dengan memanfaatkan teknologi dari Qualcomm, cerita dari buku bisa memunculkan animasi tertentu yang diinginkan sehingga membuat cerita bisa jadi lebih hidup.
dibawah ini screenshot karya temen saya, cerita pinokioAR, kancil yang ingin menjuarai kejuaraan sepak bola dunia.
untuk bisa melihat video demonya, bisa berkunjung ke sini

Teknologi digital memudahkan kita untuk melestarikan dan menjaga budaya bangsa. Seperti yang teman saya lakukan, membuat aplikasi gamelan toetoel(gatoel) yang berarti gamelan sentuh. aplikasi ini telah sukses berjalan pada android phone. Jadi bermain gamelan tidak harus membawa alat musiknya yang berat dan cukup merepotkan untuk dibawa kemana-mana, tetapi cukup dengan menyentuh tampilan dilayar hp.
dokumentasi live : di sini dan versi liputan6 sctv di sini
aplikasi ini juga sudah tersedia di google play, jadi buat yang ingin mencoba bisa download aplikasinya di sini

Teknologi digital juga telah memudahkan dan membuat menarik penjualan arsitektur rumah, dari yang sebelumnya harus membuat maket sedemikian rupa, sekarang cukup hanya membawa selembar kertas yang sudah ada markernya untuk diintegrasikan dengan Augmented Reality.

Selain aplikasi digital di macam-macam platform diatas yang telah dibuat, masih banyak contoh lainnya yang menunjukkan pentingnya teknologi untuk memudahkan manusia, bisa kita lihat database perpus yang telah terdigitalisasikan sehingga kita tinggal masukkan keyword dan abrakadabra, buku yang anda cari terletak di rak buku nomor sekian dan lantai nomor sekian.
Pendaftaran SNMPTN online untuk memudahkan pendaftaran buat peserta dari jauh. Pembuatan E-KTP untuk menghindari kecurangan terjadinya ktp ganda dan memudahkan pengecekan pemilik ktp sebenarnya. Sistem informasi manajemen sekolah digital yang memudahkan dalam mengakses nilai dan pemantauan gerak-gerik siswa oleh orang tua, seperti aplikasi jibas. Aplikasi opensource SIM sekolah yang memudahkan pengelolaan sekolah, sudah terintegrated dengan sms gateway yang memungkinkan informasi nilai bisa dikirim secara sms dan realtime.

Teringat akan perkataan dosen saya waktu mengajar, "Lama-kelamaan, Teknologi digital akan berubah, dari manusia yang menuruti komputer ke komputer yang harus menuruti manusia." Hal ini telah terbukti, dulu untuk memproses perkalian matrix 1000x1000 saja lamanya minta ampun.. manusia harus menghapal berpuluh-puluh syntax yang disediakan untuk bisa mengoperasikan komputer. Sekarang..??sudah banyak bahasa  pemrograman yang lebih user friendly, tanpa harus menghapal syntax, dengan ditunjang kemampuan hardware yang semakin canggih memudahkan manusia untuk mengerjakan sesuatu lebih singkat, simple dan powerful. Dulu manusia masih harus mengikuti kemauan komputer agar bisa berjalan dengan baik, sekarang komputer dan teknologi digital lain yang harus mengikuti kemauan manusia, karena jika tidak, Teknologi itu akan ditinggalkan, bisa kita lihat banyak perusahaan teknologi yang bangkrut, gulung tikar disebabkan karena aplikasi yang dibuatnya kurang memenuhi hasrat konsumen. Jadi sangat penting sekali peranan teknologi digital demi kemajuan bangsa Indonesia, mensejahterakan penduduknya karena bisa mengerjakan sesuatu yang diinginkan tanpa harus bersusah payah mengerjakan secara manual.

Perbedaan utama antara negara maju dan negara berkembang adalah kemampuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Dari beberapa kemajuan teknologi yang telah dibuat oleh anak negeri diharapkan bisa terus mengembangkan karyanya demi kemajuan dan keberjayaan bangsa ini dimata dunia. Memudahkan, bermanfaat buat penduduknya dan mengangkat derajat bangsa menjadi bangsa yang lebih baik, maju dan modern.

Sungguh bahagia ketika mendengar bahwa ada Komunitas Ngawur yang masih peduli dengan kemajuan teknologi di negeri tercinta ini. Terus memantau dan mengembangkan teknologi di Pusat Teknologi dan setia menggembar-gemborkan pentingnya teknologi untuk masa depan yang lebih baik melalui Blogger Nusantara. Teknologi Maju, Negara pun Maju.

sumber gambar : -  dokumentasi pribadi @lab b201 Teknik Elektro ITS

20 komentar:

  1. Balasan
    1. aminnnn.................
      aminnnnn yaa robbal'alamin.. *ngarep[dot]com @@

      Hapus
  2. suksas ya buat lomba nya... Btw, itu tanggal postingnya kenapa tgl 1 agustus? Hehehe...

    #salam persahabatan

    BalasHapus
    Balasan
    1. amin... :D

      ya mbak, biar sticky sampai pengumuman @@

      Hapus
  3. kok ditanggalkan 1 agustus?
    kan terakhir kemarin 20 juli.. ? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekalian nunggu pengumuman om @@

      Hapus
  4. ya, semakin maju teknologi semakin maju pula suatu bangsa

    BalasHapus
  5. sukses untuk lombanya..
    mampir juga ya kesini :
    http://bahtiar52.mypressonline.com/2012/07/19/membuka-mata-indonesia-memandang-potensi-dunia-maya/

    BalasHapus
  6. Beberapa kali baca yang ikut lomba ini. Moga-moga menang.

    Oot ya. Soal jilbab lebih baik kita intropeksi diri sajalah. Sudah baca postinganku terbaru? Kadang kita gak tau kapan hidayah muncul. Bisa jadi si masa tua. Tapi lebih cepat lebih baik, karena kita bisa lebih cepat mengamalkan, mencontohkan, menginspirasi yang lain. Tetaplah menghargai yang belum pakai. Mempelototi lain dengan memandang tanpa sengaja. Pandangan pertama rejeki, pandangan lanjutan dibarengi pikiran gak senonoh itu dosa, tapi kita masih bisa minta ampun kalo bisa jangan diulangi lagi, alihan ke teknologi, hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kok balasnya disini, kan aku kalo komen biasanya subcribe email -__-

      iya juga sih, kadang setelah menikah, baru muncul kesadaran berjilbab @@
      ya deh, banyak banget postingan mbak mengenai jilbab, ntar ke tkp 1 1, banyak juga komentar yang adu argumen @@

      Hapus
  7. nice artikel mas, ditunggu kunjungan baliknya ya,, ^_^

    BalasHapus
  8. keren nih, gak semua orang bisa melakukanya.
    salam

    BalasHapus
  9. Hmm baru saja tadi sore saya ikutan pembuatan E-KTP.

    Semoga berjaya di kompetisi ini mas.. sukses.!

    BalasHapus
  10. augmented reality utk kimia...ini yg sungguh menarik, apalagi kalau utk fisika ya? Maklum, aku termasuk yg LoLa terhadap fisika padahal aslinya aku suka banget tuh sama fisika..

    BalasHapus
  11. Semoga teknologi di Indonesia bisa semakin maju.

    BalasHapus

have a question, just spill it :D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...