Selasa, 05 Juni 2012

Bersyukur dan Bersabar

Imran Bin Hathan, suatu hari, masuk rumah untuk menemui istrinya. Imran adalah seorang buruk muka, tak ganteng, lagi pula pendek, Sementara itu, istrinya begitu cantik, seperti princess. Tatkala ia memandang istrinya, wanita itu makin bertambah cantik saja dalam pandangannya. Dia pun tak mampu untuk mengekang dirinya untuk terus menatap istrinya.

Lalu istrinya pun keheranan dan bertanya, "Ada apa denganmu?"
Jawab Imran "Alhamdulillah, engkau sungguh menjadi wanita yang cantik sekali."
"Berbahagialah karena engkau dan aku masuk surga"
"Dari mana engkau tahu hal itu?"
Istrinya menjawab "Karena engkau telah diberi wanita seperti aku dan engkau bersyukur, sedangkan aku diuji dengan pria seperti engkau dan aku bersabar, sementara itu orang yang sabar dan bersyukur masuk surga."

Demikianlah salah satu cerita yang diambil dari salah satu buku karya Muhammad Amin al-Jundi. Narasi tersebut mengajarkan kepada kita untuk terus bertindak arif dan bijaksana dalam menyikapi sesuatu hal yang terjadi dalam dunia ini sebagaimana seperti roda yang berputar. Kehidupan dan karier yang dijalani seorang manusia memang tak menentu berada pada kondisi naik dan turun, sukses dan gagal, senang dan susah, gembira dan sedih.

Maka penting kita simak hadits Nabi "Sungguh mengagumkan perkara orang mukmin, seluruh urusannya mengandung kebaikan dan hal itu tidak akan didapatkan oleh orang lain. Orang mukmin, jika diberi kebahagiaan dan kenyamanan hidup ia bersyukur, maka hal itu akan menjadi kebaikan baginya dan jika ia ditimpa kemalangan dan kesusahan ia bersabar, maka hal itu juga akan menjadi kebaikan baginya."

sudahkah kita bersyukur pada nikmat hari ini, dan bersabar pada problema yang melanda hari ini

42 komentar:

  1. ga tau, sdh apa belum ya..hhe, becanda. Insya Allah sdh-klw belum pastilah aku bermalas2an di rmh, membiarkan sesuatu yg kotor di dpn mata pdhl nglewatin smntara kebersihan kan sebagian dr iman...kira2 seperti itulah gmbrn rasa syukurku, kalo kamu gmn?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ^_ syukur sudah diberi banyak waktu luang, internet cepat, dan lain-lain yang tidak bisa disebutin satu satu

      Hapus
    2. internet kamu secepat apa rif? 40gbps yah :D

      Hapus
  2. Ane bersyukurnya belum total nih, lagi dalam masa perbaikan menuju sempurna! Semoga ada kemudahan ya :O *sedih

    BalasHapus
    Balasan
    1. bersyukur sudah ada kemauan :P pasti ada jalan
      *slow aja masbro

      Hapus
  3. meskipun inet sekarang lagi lekong, tapi tetep bersyukur masih bisa internetan.

    inet lekong juga melatih kita utk bersabar lho, haha..
    :D

    BalasHapus
  4. Balasan
    1. :D, lah saya lagi dapet rejeki ni, g boleh ngiri y *pukpuk :P

      Hapus
    2. Salah satu cara bersyukur -> berbagi. Hayo, kene bagi rejekine. Makan2 :p

      Hapus
  5. eh tapi jleb bgt tuh omongan istrinya -.-

    BalasHapus
    Balasan
    1. :P, iya YeN, enaknya diapain tuh istrinya >_< jitak aje y, nggak deh, sayang pemikirannya.

      Hapus
  6. alhamdulillaah, idah sudah bersyukur dan bersabar untuk hari ini. . . :)

    BalasHapus
  7. "Sungguh mengagumkan perkara orang mukmin, seluruh urusannya mengandung kebaikan dan hal itu tidak akan didapatkan oleh orang lain. Orang mukmin, jika diberi kebahagiaan dan kenyamanan hidup ia bersyukur, maka hal itu akan menjadi kebaikan baginya dan jika ia ditimpa kemalangan dan kesusahan ia bersabar, maka hal itu juga akan menjadi kebaikan baginya." <-- Salah 1 hadits favorit saya :D

    Bersyukur, kunci bahagia :)

    Bersabar, menguatkan kita :)

    BalasHapus
  8. Syukur dah kalo elo bisa sabar! Hehehe

    BalasHapus
  9. Susah dan senang tetap mendapat pahala ya sob :)

    BalasHapus
  10. Perwujudan sabar dan syukur yg paling bisa kita lht sehari-hari adalah sikap orang tua kita lho...

    BalasHapus
  11. Nice blog sobat.. postingan2nya juga sangat bagus, menarik dan bermanfaat sakali..:)

    terus menulis menulis yaa..^_^

    oia salam kenal
    kalau berkenan silahkan mampir ke EPICENTRUM
    folloback juga ya buat nambah temen sesama blogger,,tukeran link juga boleh,,makasih..^_^

    BalasHapus
  12. bersyukur dan bersabar adalah dua hal yang harus dilakukan untuk mencari hikmah dibalik semua kejadian.. :)

    BalasHapus
  13. Iman itu ada pada sabar dan syukur, jadi mari stop mengeluh :)

    btw kalo jaman sekarang istrinya bilang kaya gitu ke suami, pasti suaminya jawab "APPAA???? kurang ajiar kamu menghina dirikuh!!!" :D ^^V

    BalasHapus
    Balasan
    1. belum ada postingan baru nih rif

      Hapus
    2. ya, ntar juga nongol postingannya kok mbak :)) hehe..
      @@ tq.. #merasadiperhatikan,haha..

      Hapus
    3. iyaaa nih. kangen sama postingannya arif :D

      Hapus
    4. jangan sampai kita demo yah #lho

      Hapus
  14. nah, itu dia, bersyukur memang susah :D

    BalasHapus
  15. memang syukur lebih luas dari pada lautan,, dengan bersyukur allah akan terus menambah kenikmatan kepada umatnya.. walau kenikmatan itu tidak dilihat dengan wujud yang nyata tetapi kenikmatan itu dapat dirasakan oleh orang2 yang bersyukur..

    BalasHapus
  16. cieh. rasa-rasanya kayak narsis masuk surga

    BalasHapus
  17. muaha..postingan.a maniss bangett.. :)

    BalasHapus
  18. syukuri apa yang ada #halah

    BalasHapus
  19. aku ga ganteng..siapa yg mau sama aku... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukan masalah ganteng atau apanya mas, tapi kelebihan tertentu yang anda miliki itulah yang biasanya calon istri ente kagum @@

      Hapus
  20. BErsyukur membawa berkah ya mas, kalau sudah jodoh juga gak kemana :)

    event ngeblog: menulis di blog dapet android, ikutan yuk!

    BalasHapus
  21. selalu bersyukur.. Insya Alloh akan membawa kebahagiaan d dunia maupun akhirat :)

    BalasHapus
  22. masyaAllah..dengan bersyukur yang berat terasa ringan, yang kurang terasa cukup..

    BalasHapus

have a question, just spill it :D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...