Minggu, 12 Oktober 2014

Istilah - istilah penting dalam manajemen Infrastuktur IT

Fault Tolerance

Tingkat dimana perangkat lunak server menyesuaikan dengan kegagalan dari berbagai bentuk (termasuk kegagalan hardware dan software) sehingga sistem masih bisa melayani permintaan klien seperti biasa, tanpa klien menyadari kegagalan ini.

Failover

Ketika satu server (perangkat lunak atau perangkat keras) mengalami masalah, down, dan tidak dapat melanjutkan untuk melayani permintaan, klien secara dinamis beralih ke server lain yang dapat mengambil alih dari layanan server yang gagal.

*beda : fault tolerance itu sistem yang bisa memperbaiki dirinya sendiri ketika terjadi suatu masalah (masih dalam satu server), fault tolerance biasanya menyatakan ketahanan terhadap kegagalan yang masih bisa diperbaiki sedangkan failover, satu server down dan diambil alih servicenya oleh server lain.

High Availability

Sebuah layanan yang selalu up, selalu tersedia, selalu melayani permintaan, dan dapat melayani volume request yang luar biasa besar secara bersamaan. High Availibility harus mempunyai fault tolerance untuk menjaga ketersediaan layanannya.

Distributed

Beberapa proses komputasi dapat terjadi di beberapa komputer server yang bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan, idealnya secara paralel. Misalnya, banyak contoh web server masing-masing berjalan pada komputer server terpisah di belakang penyeimbang beban(load balancer) TCP merupakan contoh web server yang didistribusikan (distributed).

Replicated

Setiap informasi/data harus dikopikan kedalam suatu tempat lain, sehingga bisa dibuat backup dan restore dan menjaga ketersediaan(high availability).

Load Balancing 

Penyeimbang resoource, misal ada service yang dilayani oleh 2 server yang terdistribusi, server yang satu sudah sangat sibuk menangani layanan sedang server kedua masih idle atau tidak terlalu sibuk. maka ketika ada request layanan lagi, akan dihandle oleh server kedua. sampai beban kerja dibagi rata.

Cluster

Sebuah cluster terdiri dari dua atau lebih contoh perangkat lunak server yang berjalan pada satu atau lebih komputer server yang bekerja sama untuk melayani permintaan klien sehingga klien menganggap kelompok sebagai layanan tunggal sangat tersedia. Tujuan pengelompokan ini adalah untuk mudahnya monitoring sumber daya server yang tersedia(karena sudah jadi 1), menyediakan layanan yang selalu tersedia untuk klien, sambil memanfaatkan semua sumber daya komputasi yang tersedia seefisien mungkin.

1 komentar:

have a question, just spill it :D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...